Friday, 14 March 2014
Tips Start sprin Mobil
Sepengalaman pribadi saya latihan start dimulai dari liat liat YouTube dan ahirnya mempraktekan dengan mobil pribadi si sara gampangnya ni ya yaitu dengan.menggeber secara perlahan dengan rpm meningkat,jadi jangan langsung sekali geber,melainkan bertahap.lepas kopling ama tekan gas harus dirasakan dengan power mesinnya......harus sering latihan sih...kenalin dlu, mwnya mesin gmn...soalny mkin tinggi spec mesin, makin beda bwanya.....
Ya buat latihan awal,jangan asal menggeber sampai limit kemudian lepas kopling gitu aja.iu hanya akan merusak mesin.
melainkan harus bertahap,coba aja geber sampai rpm 5 buat sekedar latihan,usahakan geber naik turun antara rpm 5 turun lagi ke 4 naik lagi ke 5,kemudian turu ke 4 lagi.saat dirasa siap lepas kopling dengan cepat saat anda menggeber masuk ke rpm 5,kalau pas start anda pasti mulus.
atau kalo dari pengalaman dulu bawa yaris temen..
gas kita mainin diantara rpm 3000 keatas tapi jangan sampe diatas rpm 4000..
nah pas mulai lepas kopling..usahain rpm jangan turun dibawah 3000..
pasti akan langsung spin langsung bejek gas aja terus langsung ngacir deh
itu juga tergantung jenis korekan mesin sampe tahap gimana..
yg umumnya sih oper gigi di rpm 7000 keatas..baru bisa langsung nyodok dan gas ga ngedrop banyak
klo miss gear kebanyakan terjadi pas kita lagi panik..misalnya kita ngeliat lawan kita udah mulai ngelewatin kita..
pasti pikiran kita kan mulai panik..jadi ngerasa maunya bejek gas dalem2 dan buru2 oper gigi aja..nah pas panik itu yg bikin kita ngoper gigi ga tepat posisi tuas nya..coba bedain klo pas latihan sebelum drag..kan ga ada lawan kan kita cuma mikirin sampe ga nih waktu yg diharuskan..
nah pas berpikir gitu kan pasti kita akan berusaha fokus pada saat main gas..lepas kopling dan oper gigi
kalo dr ajaran temen ku sih pas oper gigi..pedal gas dilepas setengah aja..mungkin agak susah tapi pake perasaan aja lepas gas setengah nya..yg namanya setelah oper ke gigi yg selanjutnya kan rpm mesin turun..jadi pedal gas juga harus ikut turun tapi setengahnya aja..jangan ga ada turun sama sekali..malah ngempos..tp klo gas dilepas semua pas ngoper gigi..kemungkinan bisa terjadi brebet waktu mau pancing gas lagi..maklum aja itu biasa terjadi klo mobil drag nya udah ganti kem tinggi..ya brebet nya sih dalam hitungan seper sekian detik..bayangin drag oper gigi 3x sampe ke gigi 4 dengan jarak 402 meter..itu udah cukup pengaruh ke time race kita..dibanding klo kita buang setengah gas aja..nah klo miss gear bukan dari pedal gas ga dilepas pas injak kopling buat ngoper gigi..tapi lebih ke kita injak pedal kopling nya ga mentok..kebanyakan gitu pas drag..saking buru2nya jadi injak kopling cuma setengah..wkwkwkk..misal yg paling sering pas mau ngoper ke gigi 3..begitu ga masuk kan pasti kita cepet injak kopling lagi tapi yg kedua x pasti injak nya sampe mentok..hehehe
klo udah kejadian miss di gigi 3..udah pasti langsung ketinggalan dan time pastinya ga dapet .
selamat mencoba
Labels:
tips otomotif
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment