Saturday 21 September 2013

cara meningkatkan performa

Performa mobil standar pabrikan terkadang membuat kita sedeikit geregetan atau tidak memuaskan kita. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara untuk bisa meningkatkan performa mesin mobil tetapi masih cocok untuk digunakan harian. Berikut beberapa tips yang saya rangkum

Tingkatkan Pengapian

Salah satu faktor penting dalam meningkatkan performa mesin adalah melakukan modifikasi pada bagian pengapian. Nico Suryanto dari bengkel Evolution R menyarankan pemakaian busi iridium atau busi bertipe racing. “Pakai busi perfomance iridium atau busi racing, maka hasil pembakaran lebih maksimal, dan otomatis tenaga juga bertambah,” jelas Nico. Sebagai tambahan pendukung ada baiknya juga melakukan upgrade kabel busi.

Tingkatkan Asupan Udara

Hal kedua yang bisa meningkatkan performa dengan cukup signifikan adalah memaksimalkan asupan udara yang masuk ke ruang bakar. Untuk mobil dengan transmisi manual bisa menggunakan open air filter, sementara untuk mobil yang memiliki transmisi matic bisa memakai yang jenis replacement.

Nico merekomendasikan mobil bertransmisi matic menggunakan air filter replacement karena untuk mencegah udara berlebih yang ditimbulkan oleh open filter filter. “Biar gak ngempos dan gak cepat kotor,” ucapnya.

Gunakan Voltage Stabilizer

Voltage Stabilizer bertujuan untuk menjaga kestabilan voltase listrik pada semua jaringan listrik dan perangkat elektronik pada mobil. “Tambahkan voltage stabilizer, biar listrik gak naik turun, sehingga gak ganggu kinerja ECU,” ungkap Nico.

Tambah Piggyback

Sebagai alternatif sentuhan akhir di bagian mesin, Anda bisa menambahkan Piggyback yang berfungsi memanipulasi data ke ECU. “Piggyback dapat mengatur timing, pengapian, limiter, mengkontrol injektor, dan lainnya. Dari piggyback bisa dilakukan tuning untuk mengejar performa,” ucap Nico.

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, menurut Nico tenaga akan terdongkrak. “Untuk mobil seperti Honda Jazz, atau Toyota Yaris bisa naik sekitar 8 HP,” jelas Nico.

Upgrade Kaki-kaki

Selain mesin, Nico juga menyarankan untuk meningkatkan performa kaki-kaki. “Tambahkan suspensi dengan menggunakan per racing dan damper force agar menjaga kestabilan dan rigid untuk medan berliku, serta ngikutin kondisi jalan biar gak limbung,” tutup Nico.

No comments:

Post a Comment