Tuesday 24 September 2013

Tips Ngebut Yang Tepat

      
 

Sebagai orang yang dulu pernah belajar fisika di perguruan tinggi, tidak membuat saya otomatis jadi fisikawan. Tapi sangat menarik untuk mendapatkan bahwa ternyata antara ilmu yang saya pelajari sangat banyak terapannya dalam hobi ngebut yang saya sukai.

Ada yang yang hobinya jago ngebut di jalanan, tidak lantas disebut dia sebagai pembalap. Klaim sebagai pembalap hanya bisa disematkan oleh organisasi balap. Setidaknya pernah mengikuti event resmi balap meski masih amatir.

Saya pernah mencoba belajar slalom, drag dan road racing dengan menggunakan mobil. Urutan-urutan itu ternyata memang pas. Karena slalom sebagai dasar saya untuk mendapatkan pemahaman handling, cara kerja suspensi dan mekanisme chasis dan mesin mobil secara keseluruhan ketika dibawa kedalam batas kemampuannnya.

Dalam drag, saya hanya merasakan bagaimana relfleks bekerja ketika di garis start. Mobil yang saya pakai waktu itu tanpa traction control, jadi ketika itu juga harus ada feeling untuk tahu apakah roda depan sudah spin atau tidak. Dalam Drag race, spin ditempat adalah sesuatu yang sangat dihindari.

Lalu kemudian road racing. Disini mental lebih diuji lagi. Bersamaan dengan pengetahun slalom dan drag tadi, ditambahkan dengan pengetahun sifat mobil ketika melaju kencang adalah wajib. Ketika berada di track lurus, didepan grandstand, biasanya cukup mudah. Tapi ketika masuk-masuk tikungan disinilah peranan logika, intuisi dan perhitungan ilmu-ilmu fisika diterapan. Saya harus memahami dan bisa membayangkan bagaiman karet ban bekerja, melaju pada gear dan rpm yang tepat. Efesiensi maksimal adalah ketika mendapatkan racing line yang tepat. Racing line adalah jalur lintasan yang paling efektif dilalui untuk mendapatkan waktu tempuh satu putaran tercepat.

Amazing, ketika saya bisa merasakan itu semua perilaku mengemudia saya di jalan justru jadi lebih kalem. karena saya merasa tidak perlu lagi ngebut dijalanan. Namun dalam kasus-kasus tertentu dimana resiko ngebut harus ditempuh, saya merasa lebih yakin karena pengalaman saya sudah lebih banyak. Jadi ngebut dengan benar dan aman pun bisa berhasil diterapkan.

No comments:

Post a Comment