Tuesday 10 September 2013

Hellaflush

Modifikasi bertema Hellaflush memang tidak ada habisnya. Mulai dari bengkel hingga ke berbagai forum, ramai-ramai membicarakan modifikasi yang satu ini. Seperti apakah cara membuat Hellaflush? Ada baiknya memperhatikan hal-hal berikut ini.

Selaraskan Mobil Dengan Velg

Tema modifikasi yang dipilih merupakan hal penting diketahui untuk memilih velg apa yang nantinya digunakan, supaya keselarasan tetap terjaga. “Jangan sampe kita bicara elegant, pakai velg JDM atau racing. Begitupun sebaliknya,” buka Lilik dari workshop JP Racing.
Tentukan Ukuran Velg

Ukuran velg menjadi hal yang sangat penting untuk modifikasi Hellaflush. Dan sekali lagi pelajari karakter mobil, seberapa jauh mobil dapat menampung ukuran velg, serta seberapa  serasi dengan ukuran dengan si mobil. “Untuk Hellaflush, intinya velg harus lebar dengan offset yang kecil. Nantinya untuk menentukan profil ban yang cocok dan menghasilkan efek nge-flush yang baik,” papar Lilik.

Lebar velg untuk Hellaflush biasanya berkisar antara 8-10 inci. Jika menggunakan velg yang lebar tetapi offset tidak kecil, hasilnya akan ‘mendem’. “Velg harus keluar dari fender atau over fender, sementara untuk dinding ban sebisa mungkin di dalam spakbor,” tambah Lilik.
Pilih Profil Ban yang Cocok

Untuk menghasilkan Hellaflush yang baik, ban harus ‘narik’ sehingga menghasilkan efek membulat seperti donat. “Agar hal tersebut tercipta, profil ban harus sempit. Misalnya untuk Jazz atau Yaris pakai diameter velg 17 X 9 inci dengan ketebalan profil ban 45,” kata Lilik.

Tentunya aplikasi kecocokan ban untuk Hellaflush tak bisa disamaratakan dengan ukuran dan karakter mobil. “Contoh lagi Civic ES pakai velg 17X10 inci dengan profil ban 40, hasilnya ketipisan. Jadi gak enak dilihat karena akan terlihat ruang kosong di spakbor,” ungkap Lilik.
Suspensi Harus Rigid

Bicara Hellaflush tak lepas dari peran suspensi. Selain untuk mengatur ketinggian, suspensi juga berperan agar ban tak mentok dengan spakbor. “Suspensi harus rigid, terutama untuk Hellaflush yang ekstrim. Jadi jarak main atau kelenturannya lebih sedikit,” ungkap Lilik.


Agar suspensi menjadi rigid, bisa menggunakan suspensi aftermarket dengan karakter yang responsif. Sehingga saat suspensi mengayun turun, naiknya pun juga cepat. Cara lain untuk membuat suspensi rigid adalah dengan menambahkan perangkat sport damper.
Roll Fender Biar Makin Sip

Namanya modifikasi Hellaflush, tentunya roda harus nge-flush. Agar ban tidak bersentuhan atau ‘gesrot’ dengan fender, caranya bisa melakukan roll fender.
Tambah Sexy Dibikin Camber Negatif

Ceper dan ambles, serta chamber negatif. Itulah pesan moral yang ingin disampaikan modifikasi Hellaflush. Untuk membuatnya, bisa menggunakan chamber kit atau custom dan sejenisnya. “Tapi mobil-mobil tertentu tidak bisa dibikin chamber negatif. Mengakalinya biar cakep, ya over fender,” ucap Lilik.

Tambahan informasi, seiring perkembangannya, ternyata Hellaflush tak hanya melulu menggunakan velg ber-offset kecil atau ‘celong’. Kini velg seperti model concave juga sudah banyak dijumpai yang tentunya memenuhi syarat modifikasi Hellaflush.


No comments:

Post a Comment