Tuesday 17 September 2013

CARA MUDAH MEMBERSIHKAN KARBURATOR



Karburator kinerjanya sangat berpengaruh terhadap tenaga dan akselerasi mesin kendaraan anda, fungsinya yang sebagai pengabut/pencampur udara dan bahan bakar ini mudah kotor karena air yang terbawa bersama bahan bakar dan udara yang tersedot oleh mesin. berikut ada tips ringan cara membersihkan karburator yang mungkin bisa anda praktekan di garasi anda.
berikut uraiannya :


    persiapkan kunci-kunci anda, kemudian lepas kabel negatif dari aki anda.
    buka filter udara, kemudian bersihkan dengan menyemprotnya dengan angin kompresor.
    buka selang-selang yang terhubung dengan karburator. perhatikan saat melepasnya supaya anda tidak lupa saat memasangnya kembali.
    buka baud  dudukan karburator, dan cabut karburator.
    buka bagian-bagian dari karburator, perhatikan saat melepasnya supaya anda tidak lupa memasangnya.
    cuci komponen-komponen karburator dengan bensin, jika ada kerak-kerak yang bandel tak mau hilang, saya sarankan anda menyemprotnya menggunakan carburator spray. kemudian semprot lobang-lobang pada karburator dengan angin kompresor.


    pasang kembali komponen-komponen tadi, kemudian pasangkan kembali karburator, pasang kembali selang-selang yang anda lepas tadi.
    start panjang mesin sampai hidup.
    lakukan penyetelan angin. caranya, putar setelan idle/langsam searah jarum jam sampai putaran mesin agak naik. kemudian putar setelan angin searah jarum jam sampai rpm turun, kemudian balikan arah putaran dan berhenti saat rpm paling tinggi dan putaran mesin stabil. setelah dapet setelan angin yang pas, terakhir setel putaran langsam menurut keinginan anda.
    kemudian pasang saringan udara. dan selesailah anda membersihkan karburator kendaraan anda.


semoga bermanfaat dan mohon maaf bila banyak kekurangan, salam sejahtera

No comments:

Post a Comment